jai2bigdream

Just another WordPress.com weblog

Bekerjalah, Jangan Meminta

Beberapa orang ibu di Solo Rabu, 26 Maret 2008 melakukan demo penolakan terhadap subsidi minyak tanah. Ketika seorang wartawan Tran TV menanyakan seorang ibu diantara peserta demo tersebut dia mengatakan “Saya ini orang susah Mas, suami saya jual bakso”. Ini adalah gambaran yang terjadi di Indonesia. Kejadian lain masih sangat banyak, pada saat terjadi bencana banjir atau gempa bumi beberapa penduduk mengulurkan tangan di tepi jalan meminta-minta bantuan. Pada saat ditanya mengapa mereka meminta-minta di tepi jalan? “saya tidak terima bantuan dari pemerintah”. Di beberapa titik jalur Pantura beberapa orang mengulurkan tangan untuk pembangunan masjid yang letaknya di tepi jalan tersebut. Juga di jalan-jalan ada sebuah mobil carry keliling sambil menyertai beberapa orang yang berkeliling membawa kotak sumbangan yang disodorkan kepada semua orang yang ditemui.

 

Inilah drama dengan kisah terpuruh untuk sebuah negeri yang konon merupakan rangkaian jamrut katulistiwa. Ironisnya penduduknya sangat miskin dan meminta minta di pinggir jalan. Apakah mereka tidak bisa bekerja?

 

Bekerja adalah pilihan hidup yang mulia. Siapapun yang bekerja mendapatkan rejeki dari Tuhannnya. Bangsa ini terlalu mudah merendahkan diri dengan meminta balas kasihan. Mungkin para peminta tahu benar karakter orang Indonesia yang tidak tega dengan orang meminta, entah untuk sekedar makan atau sumber kehidupan.

 

 

Paiton, 17 Juli 2008.

Juli 17, 2008 - Posted by | Sosial Politik

1 Komentar »

  1. good point

    Komentar oleh jaiman1 | Juli 17, 2008 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: